Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengganti Latar Belakang Foto Menggunakan Corel Draw.


Power Clip adalah salah satu fitur  istimewa yang tersedia di aplikasi Corel Draw yang berfungsi sebagai pemotong objek, gambar atau teks. Fitur ini cocok digunakan jika kita hanya ingin menggunakan gambar atau objek di bagian tertentu. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa Latar belakang atau background foto memiliki nilai yang sangat besar dalam menunjang penampilan sebuah foto secara keseluruhan. Foto dengan objek yang bagus dan keren menjadi kurang menarik apabila memiliki latar belakang yang biasa-biasa saja. Mengganti background menjadi salah satu alternatif dan pilihan yang bisa kita gunakan untuk membuat tampilan foto menjadi lebih unik dan menarik. Pada bagian ini kita akan membahas tentang cara mengganti latar belakang foto dengan memanfaatkan fasilitas Power Clip yang tersedia di Corel Draw. Berikut pembahasan selengkapnya.

Sekilas Tentang Power Clip

Power clip adalah salah satu fitur  istimewa yang tersedia di aplikasi Corel Draw yang berfungsi sebagai pemotong objek, gambar atau teks. Fitur ini cocok digunakan jika kita hanya ingin menggunakan gambar atau objek di bagian tertentu. 

Power Clip bekerja dengan cara memasukkan satu atau sekelompok objek ke dalam penampungnya yang disebut container. Pada dasarnya, Power Clip akan membuat objek muncul dengan tampilan sebatas area tertentu yang dikehendaki oleh penggunanya. 

Dengan fitur Power Clip, kita dapat memodifikasi tampilan sebuah foto yang memiliki latar belakang kurang menarik dengan background lain yang lebih menawan. Sebagai contohnya, simaklah ilustrasi dua gambar berikut ini.

Mengganti Latar Belakang Foto

Jika Anda tertarik untuk mengganti latar belakang foto dengan cara cepat dan mudah, sebaiknya Anda menyimak langkah praktis berikut ini :

- Mulai dengan memilih foto yang akan diganti latar belakangnya terlebih dahulu.

Tampilan awal foto.

- Selanjutnya beralihlah ke Toolbox untuk memilih Pen Tool.

Memilih Pen Tool

- Lalu buatlah garis mengelilingi objek utama di mana kali ini kita akan menggunakan foto seorang gadis kecil sebagai objek utama. Buatlah garis mengelilingi seluruh badan gadis tersebut dengan menggunakan Pen Tool. Garis-garis tersebut dibuat untuk menandai dan memisahkan foto tersebut dari background bawaannya. 

Membuat garis mengelilingi seluruh badan dengan Pen Tool

- Kemudian, klik ikon Shape Tool jika ingin melakukan editing dan menyesuaikan garis-garis yang sudah dibuat tadi agar presisi.

Mengaktifkan Shape Tool

- Lantas klik tombol mouse untuk menonaktifkan garis-garis itu.

Tampilan garis-garis yang tidak aktif.

- Jika sudah, pilih menu Effects > PowerClip> Place Inside Frame. Atau klik kanan pada gambar tersebut lalu pilih PowerClip Inside...... Jika sudah muncul tanda panah, arahkan tanda panah tersebut kedalam area objek garis yang sudah dibuat tadi. Maka tampilan latar belakang dalam foto tersebut akan menghilang seperti dalam ilustrasi di bawah ini. 


Tampilan background yang telah menghilang.

- Selanjutnya, bukalah file gambar yang akan digunakan sebagai background dengan cara memilih menu FIle > Import dan letakkan di atas gambar pertama hingga gambar gadis kecil itu tertutupi. 

Contoh gambar yang akan digunakan sebagai background

- Untuk memunculkan objek utamanya kembali, klik kanan objek atau gambar background tersebut lalu pilih Order > To Back of Page. 

- Sesaat kemudian akan muncul kembali wajah gadis kecil itu yang semula tersembunyi di belakang gambar background. Silahkan atur posisi dan ukuran objek agar rapi dan sesuai ukuran yang dikehendaki. 

Objek utama yang telah muncul kembali.

- Finally, kita bisa melihat hasil akhir tampilan foto yang telah diubah latar belakangnya seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Tampilan akhir foto yang sudah diganti backgroundnya


Versi Videonya. Selamat Menonton.



Sekian. Semoga tutorialnya bermanfaat. 


www.ahmadmahfud.com

Referensi : Buku IT Kreatif Corel Draw (Oscar Yulius, S.Kom)

Mahfud
Mahfud Bookish, Anime Lover, Blogger Beginer.

4 comments for "Mengganti Latar Belakang Foto Menggunakan Corel Draw."

  1. Mantap, saling berkunjung bos!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih pak ketua sudah mampir

      Delete
  2. Lucu adeknya, duh jadi salah fokus hehe. Btw saya juga suka edit gambar atau buat vektor di corel draw. Mantul emang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. betul. Saya juga bikin vektor pake Corel mba. :D

      Delete