Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Mengganti Warna Background Foto Menggunakan Adobe Photoshop

Warna latar belakang atau background foto kadang begitu sangat penting. Hal itu terjadi ketika kita, misalnya, ingin melamar pekerjaan, mendaftarkan diri di sebuah sekolah maupun di perguruan tinggi, atau untuk keperluan mengurus berkas-berkas penting. Foto dengan ukuran sekian dan warna background tertentu biasanya jadi syarat pendukung untuk melengkapi berkas utama, seperti ijazah.

Untuk mengubah background foto biasanya kita akan menggunakan jasa editing, bisa juga meminta bantuan teman yang kebetulan paham desain dan software editing. Mengedit warna background foto sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Kita bisa menggunakan software editing seperti : CorelDraw atau Adobe Photoshop. Tidak perlu keahlian khusus untuk menjalankan kedua software tersebut jika tujuannya cukup untuk mengganti warna background foto.

Di Adobe Photoshop ada fitur namanya Magic Wand Tool yang bisa digunakan untuk mengubah warna background foto dengan sangat mudah.

Untuk kamu yang ingin belajar bagaimana cara mengganti warna background foto menggunakan Adobe Photoshop, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Siapkan foto yang ingin diganti background-nya. Untuk simulasi kali ini, kita akan menggunakan foto seorang perempuan dengan latarbelakang foto berwarna hijau dan akan menggantinya menjadi warna merah.

2. Buka Adobe Photoshop. Lalu, buka file fotonya dengan cara Klik File > Open.

3. Selanjutnya, klik set background color di bagian sebelah kiri dan pilih warna merah.

4. Kemudian, pergi ke menu di sebelah kiri (lihat gambar di bawah), klik kanan mouse, pilih Magic Wand Tool lalu arahkan ke background foto.

5. Dengan sendirinya background foto akan terseleksi seperti gambar di bawah ini.  Jika sudah terseleksi tekan tombol delete di keyboard untuk mengubah warna background ke warna merah seperti yang kita inginkan. Lakukan berulang-ulang sampai warna merahnya dominan. Area seleksi bisa diperkecil dan diperbesar dengan mengubah variabelnya di bagian kotak Tolerance (Lihat tanda panah).

6. Jika sudah dirasa cukup pilih Select > Deselect di menu bar untuk menonaktifkan Magic Wand Tool.


7. Tahap berikutnya adalah membersihkan sisa hasil seleksi atau bintik-bintik yang masih tertinggal menggunakan Eraser Tool dengan cara mencari icon penghapus di sidebar menu sebelah kiri. Lakukan sampai benar-benar bersih.

8. Jika sudah selesai. Save as.

Hasilnya akhirnya akan seperti ini.

Selamat mencoba !

Semoga tutorial cara mudah mengganti warna background foto menggunakan Adobe Photoshop bisa bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu. Amin ! 

A. Mahfud
A. Mahfud Menyukai blogging sejak 2010. Penggemar berat Anime Naruto dan Kimetsu no Yaiba.

2 comments for "Tutorial Mengganti Warna Background Foto Menggunakan Adobe Photoshop"

Berlangganan via Email