Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anime Favorit

Bicara tentang Anime favorit, sejauh ini, setidaknya ada tiga serial Anime favorit yang saya masukkan ke dalam daftar wajib tonton. Yaitu, Naruto Shippuden, Boruto - Next Generation, dan Demon Slayer - Kimetsu no Yaiba

Lalu, apa yang membuat ketiga anime tersebut masuk nominasi favorit dan begitu istimewa bagi saya pribadi? 

Saya percaya, bahwa sebagaimana layaknya Film pada umumnya, Anime tidak hanya sekedar hiburan dan tontonan belaka. Jika kita mau jeli dan peka, selalu ada pelajaran serta hikmah - baik secara implisit maupun eksplisit -yang ingin disampaikan dan bisa kita tangkap.

Tidak jarang, muatan pesan yang terkandung di dalamnya punya relevansi dengan kehidupan nyata sehingga kita sebagai penonton bisa mengadopsi nilai-nilai positif yang dibawanya dalam kehidupan sehari-hari. 

Baiklah, secara singkat mari kita dedah tiga anime favorit di atas satu persatu. 


Naruto Shippuden.

Anime besutan Masashi Kisimoto ini berkisah tentang kehidupan seorang ninja. Namanya Naruto Uzumaki. Seorang bocah yang masa kecilnya selalu ditimpa kemalangan dan dirundung kesedihan yang bertubi-tubi. Ia melewati masa kecil yang pahit dan sulit. Hidup yatim piatu. Dikucilkan dan dibully habis-habisan oleh warga desa tempat ia tinggal. 

Namun, semuanya berubah berkat kehadiran sosok seorang Guru bernama Iruka. Sosoknya yang hangat dan penyayang membuat Naruto kecil perlahan-lahan bangkit dari keterpurukan dan mulai merangkai mimpi. Bahkan, ia punya cinta-cita yang mulia bahwa kelak ia ingin menjadi Hokage atau seorang pemimpin. 

Karena kerja keras dan kegigihannya, ia pun sukses menjadi Hokage dan membuktikan kepada semua orang yang dulu menghina dan meragukan mimpi dan cita-citanya.  

Anime dengan 500 episode ini mengajarkan banyak hal. Seperti kerjasama tim, saling percaya, kerja keras, pengorbanan, dan pentingnya support sistem dari keluarga. 


Boruto : Next Generation.

Ditukangi oleh Okyo Kodachi, asisten Masashi Kisimoto, Anime ini memang memiliki alur yang sedikit mirip dengan Naruto Shippuden. Sesuai dengan judulnya, Boruto sendiri merupakan nama anak dari Naruto, hasil pernikahannya dengan Hinata. 

Di era Boruto kehidupan ninja sudah relatif damai. Teknologi mulai berkembang. Alat-alat canggih mulai ditemukan. Mungkin, itulah generasi milenial dalam versi anime. Di mana kemajuan teknologi bisa membuat beberapa hal menjadi mudah dan instan. Misalnya, jurus yang dulu di era Naruto jika ingin menguasainya harus berlatih keras dan mati-matian. Kini, di era Boruto, hal itu tidak berlaku lagi. Cukup sebuah alat bernama Alat Sains Ninja, beberapa jurus sekaligus bahkan bisa dikuasai. 

Namun, seberapa pun hebat kemajuan yang ditawarkan teknologi, justru akan berakibat fatal bagi si empunya jika tidak digunakan secara bijak. Hal itulah yang diajarkan dalam Boruto, Next Generation.


Demon Slayer : Kimetsu no Yaiba.

Tanjiro Kamado merupakan seorang kakak yang baik, hangat, penyayang, dan lembut. Sepeninggal keluarganya yang mati dibantai iblis, ia hanya hidup berdua bersama adeknya, Nezuko Kamado. 

Ditulis oleh Koyoharu Gotoge, Kimetsu no Yaiba, menjadi salah satu anime terlaris di Jepang. 

Anime ini mengisahkan perjalanan seorang kakak (Tanjiro) yang ingin mengembalikan adeknya (Nezuko) yang sudah berubah menjadi iblis agar kembali menjadi manusia. 

Dalam perjalanannya, Tanjiro banyak sekali menghadapi rintangan dan cobaan melawan para iblis yang memiliki kekuatan sakti mandraguna.  Namun, demi kesembuhan Nezuko dan tekad yang kuat dia tak pernah mundur dan menyerah. 

Selain berbagai pelajaran yang bisa diambil dari tiga anime favorit di atas. Saya juga menyukai beberapa kutipan yang mungkin bisa dijadikan motivasi hidup. 

Berikut beberapa kutipan yang saya sukai. 

(Naruto Shippuden)

"Lelaki manjadi semakin kuat saat ditolak." (Jiraiya)

"Jika kau menungguku untuk menyerah, kau akan menungguku selamanya." (Naruto Uzumaki)

 "Obat untuk hati yang terluka adalah kasih sayang." (Gaara)


(Boruto : Next Generation)

"Tak penting aku anak siapa, yang terpenting aku terus berjuang dengan usahaku sendiri dan akan ku tunjukkan kemampuanku,"- Uzumaki Boruto

"Kau tahu, wadah yang retak tidak bisa menyimpan apapun, tapi bulan yang terbelah di kegelapan malam tetap akan bersinar," Kakak Mitsuki


(Kimetsu no yaiba)

Bahkan, jika kau berhenti, mencoba untuk menyerah. Aliran waktu tidak akan berhenti untukmu. Waktu tidak dapat menemanimu untuk menanggung kesedihan ~ Rengoku Kyoujuro. 


www.ahmadmahfud.com


Mahfud
Mahfud Bookish, Anime Lover, Blogger Beginer.

Post a comment for "Anime Favorit"