Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Antivirus Gratis, Kaspersky Security Cloud

ahmadmahfud.com


Data-data yang kita miliki dan kita simpan di dalam komputer merupakan dokumen-dokumen penting yang harus kita lindungi. Siapa yang rela foto-foto berharga, file-file kuliah dan karya ilmiah misalnya, suatu saat hilang dan rusak karena virus. Oleh karena itu, ibarat tubuh kita, antivirus bisa berfungsi sebagai imun tubuh yang akan memberi proteksi dan melindungi kita dari serangan virus. 

Antivirus merupakan salah satu aplikasi penting dan wajib yang harus saya pasang di laptop demi menjamin keamanan data yang saya miliki.  Dari sekian banyak antivirus gratis yang tersedia, saya menjatuhkan pilihan pada Kaspersky Security Cloud. Saya sudah menggunakannya selama tiga tahun belakangan ini. Selain gratis, antivirus ini juga mudah digunakan, punya fitur yang cukup untuk kebutuhan perlindungan dasar sistem komputer. 

Tampilan Kaspersky Security Cloud


Kaspersky sendiri adalah software keamanan dari Rusia yang dibuat oleh tangan pandai Eugene Kaspersky. Antivirus asal Beruang Merah tersebut punya nilai historis bagi saya pribadi. Ia menjadi saksi sejarah bagaimana ganasnya serangan virus dan betapa mengerikan dampak destruktif yang ditimbulkannya. Seperti yang kita tahu, virus dapat merusak file, memanipulasi data, dan menggangu fungsi sistem. 

Misal, ada yang nanyak, "Bang, emang harus banget, ya pakai antivirus? Bukannya antivirus malah bikin kinerja laptop lambat? Kenapa pakai Kaspersky, kan masih banyak antivirus gratis yang lain?

Saya harus mengambil nafas dalam-dalam dulu sebelum menjawab semua pertanyaan itu.

Sebenarnya ngga harus, sih. Mau menggunakan antivirus atau tidak itu hak masing-masing orang. Tapi jika tidak menggunakannya, ada harga yang harus dibayar, keselamatan data bisa menjadi taruhannya. Jika alasannya memperlambat kinerja laptop, sekarang sudah ada, kok antivirus yang ringan, misalnya Smadav. Jika menggunakan Smadav ternyata masih lemot berarti ini sudah saatnya kamu ganti laptop. hehe.

Kenapa saya mengharuskan laptop dipasangi antivirus, itu karena saya memiliki pengalaman dan trauma buruk di masa lalu terkait virus. 

Sedikit cerita, tahun 2007, saya memiliki sebuah komputer dengan spesifikasi yang pas-pasan. Waktu itu, saya berpikir bahwa dengan menginstal antivirus saja sudah cukup. Komputer saya akan aman-aman saja dan terhindar dari virus. Saya belum paham bahwa antivirus punya database yang harus selalu diupdate secara rutin, minimal sekali dalam tiga hari. Tapi semakin sering diupdate, justru semakin baik agar jenis-jenis virus baru bisa terdeteksi. Karena keterbatasan akses internet, alhasil Antivirus Kaspersky yang saya pakai tak pernah diupdate sama sekali. 

Dan apa yang terjadi? 

Karena kecerobohan seorang teman yang menginstal aplikasi sembarangan, akhirnya komputer saya terinfeksi virus. Database yang kadalaursa ternyata punya dampak signifikan sehingga membuat virus tak terdeteksi oleh Antivirus. Dampaknya, beberapa aplikasi bawaan windows seperti task manager, msconfig, dan services tak bisa diakses. Parahnya, Antivirus juga ikut-ikutan tak berfungsi. Aplikasi-aplikasi tersebut sengaja dinonaktifkan oleh sang virus agar ia tidak bisa dihapus dari sistem komputer. Itulah alasan mengapa menginstal antivirus itu perlu.

Saat ini antivirus sudah banyak, baik yang premium maupun yang free atau gratis. Kita dengan mudah bisa mendapatkannya. Sebelum menggunakan Kaspesky Security Cloud, saya juga pernah mencoba Avast dan AVG. Tapi, saya kurang suka karena pop up notifikasi yang muncul di tengah layar ketika mendeteksi virus, cukup mengganggu. Awalnya Kaspersky hanya tersedia untuk versi yang berbayar atau premium. Sekitar tahun 2017 akhirnya Kaspersky merilis Kaspersky Security Cloud untuk versi gratisnya. Selama menggunakan Antivirus ini, Alhamdulillah, laptop saya aman-aman saja dan tak pernah sekalipun terinfeksi Virus. Selain ringan, saya suka dengan tampilannya yang sederhana, dan menu setting yang mudah. Meskipun Gratis, Kaspersky Security Cloud punya fitur yang lumayan lengkap, ia menawarkan empat perlindungan utama, yaitu ; File Anti-Virus, Web Anti-Virus, Mail Anti-Virus, dan Network Attack Blocker.  

Demikian ulasan saya mengenai Anti Virus Kaspersky Security Cloud. Semoga bermanfaat.


www.ahmadmahfud.com

Mahfud
Mahfud Bookish, Anime Lover, Blogger Beginer.

5 comments for "Antivirus Gratis, Kaspersky Security Cloud"