Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Membuat Halaman Sitemap ala Kompi Ajaib (non AMP)

Sitemap Kompi Ajaib non AMP

Sitemap adalah sebuah halaman yang berfungsi layaknya daftar isi di dalam buku. Halaman sitemap punya peran penting agar mempermudah para pengunjung blog melihat daftar tulisan yang sudah kita buat. Daftar tulisan di halaman sitemap biasanya ditampilkan dalam bentuk judul postingan yang diurutkan berdasarkan kategori, label atau tanggal kapan ia dibuat. 

Sebenarnya blogspot sendiri sudah menyediakan widget kategori dan label yang bisa ditampilkan di menu sidebar. Tapi tampilannya terlalu sederhana dan monoton. 

Dengan adanya halaman sitemap tentu para visitor atau pengunjung akan sangat terbantu untuk memilih tema atau judul tulisan tertentu yang kira-kira relevan untuk mereka baca.  

Selain untuk kemudahan bagi pengunjung, kabarnya halaman sitemap merupakan menu yang wajib ada jika ingin mendaftar Google Adsense. 

Cara membuat halaman sitemap terbilang cukup mudah. Kita hanya perlu memanfaatkan script yang dibuat secara secara cuma-cuma oleh pihak ketiga. Salah satu sitemap yang keren dan recomended  (menurut saya pribadi) adalah buatan Kompi Ajaib. Sitemap ala Kompi Ajaib punya fleksibilitas dan desain yang elegan di mana daftar dari judul postingan hanya ditampilkan sebagian. Di samping itu sitemap buatan Kompi Ajaib ini juga sangat responsif dan cocok diterapkan di Template apa pun. 

Untuk tutorial membuat sitemap ala Kompi Ajaib simak di bawah ini :

  • Log in ke akun blog terlebih dahulu.
  • Pergi ke Menu Halaman, lalu pilih Halaman Baru atau tekan tombol tambah berwarna orange di pojok kanan bawah untuk versi mobile. 
  • Di bagian judul silahkan isi dengan "Sitemap" atau "Daftar Isi". Lalu, pilih mode HTML dengan menekan icon pensil di menu bagian atas paling kiri.
  • Kemudian langsung copy script di bawah ini.
<h4>

Untuk mempermudah anda dalam mencari artikel, anda bisa mencarinya pada kolom berikut atau bisa menulis artikel yang dicari pada kolom cari artikel dengan kata kunci.</h4>

<script type="text/javascript">

//<![CDATA[

document.write('<iframe src="https://cdn.rawgit.com/KompiAjaib/kompi-html/master/sitemaps-amp.html?url=https://www.blogmu.com/" allowfullscreen="allowfullscreen" height="650" width="100%"></iframe>');

//]]>

</script> 

  • Selanjutnya paste di halaman "sitemap" atau "daftar isi" yang sudah kita buat tadi. Lalu publikasikan. Dan lihat hasilnya.

Silahkan ubah tulisan berwarna biru dengan alamat blog kamu.  Kamu juga bisa memodifikasi kalimat yang berwarna merah di atas sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing.


Semoga tutorial di atas bermanfaat. 


www.ahmadmahfud.com


Sumber rujukkan : azid45.web.id


Mahfud
Mahfud Bookish, Anime Lover, Blogger Beginer.

2 comments for "Tutorial Membuat Halaman Sitemap ala Kompi Ajaib (non AMP)"

  1. Wah, lebih praktis dan simple tampilannya juga Mas, saya ikutan pasang ah untuk di sitemap blog saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Dari sekian banyak tampilan sitemap saya pribadi suka banget yang ini. Tampilannya simpel banget.

      Delete