Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Unggahan Foto KTP di Prakerja yang Gagal

ahmadmahfud.com


Foto Kartu Tanda Penduduk atau KTP memang menjadi salah satu syarat mutlak yang harus dipersiapkan oleh setiap peserta untuk pendaftaran program Kartu Prakerja. 

Di tengah ketidakpastian Gelombang 12 Kartu Prakerja, peserta yang belum lolos, kembali diminta untuk update data dan mengisi ulang form sesuai data yang tertera di KTP melalui website Prakerja.

Namun, sebagian peserta ada yang mengeluh soal sulitnya mengunggah foto KTP di dasboard Prakerja. Lewat akun instagram Prakerja, banyak peserta yang komplain dan bertanya kenapa bisa gagal melakukan unggahan foto KTP. 

Agar tidak mengalami kegagalan upload foto KTP, para peserta ada baiknya mengetahui beberapa ketentuan di bawah ini. 

Berikut ini cara mengatasi unggahan foto KTP di Prakerja yang gagal.


UKURAN FOTO 

Ukuran foto menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Batas maksimal foto yang diperbolehkan adalah 2 MB. Jika ukurannya lebih dari itu pasti akan gagal diupload. Misalkan foto yang tersedia lebih dari 2 MB, hal itu bisa kita disiasati dengan cara memperkecil ukurannya  menggunakan aplikasi editing seperti Adobe Photoshop dan Corel Draw, atau kita bisa mencoba alternatif lain dengan mengompres foto tersebut. Salah satu situs web yang menyediakan layanan ini adalah compressjpeg.com.

- Buka situs https://compressjpeg.com/id.

- Pilih unggah file, kemudian pilih foto yang ingin dikompres. 

- Jika sudah selesai, selanjutnya pilih unduh. 

- Selesai. 


FORMAT FOTO

Untuk format foto yang mendukung adalah format JPEG. Di luar format tersebut tidak akan terdeteksi oleh sistem sehingga upload foto KTP tidak akan bisa dilakukan. Jika kebetulan format foto yang tersedia adalah PNG, kita bisa mengakalinya dengan melakukan konversi terhadap foto tersebut sehingga menjadi JPEG. Website penyedia layanan ini adalah png2jpg.com

- Buka situs https://png2jpg.com.

- Pilih Upload Files, lalu pilih foto yang ingin dikonversi. Tunggu sampai proses konversi selesai. 

- Kemudian pilih Download. 

- Selesai. 


KONEKSI INTERNET. 

Yang tidak kalah penting, setelah dua hal di atas terpenuhi, yaitu memastikan koneksi internet stabil ketika melakukan proses upload foto. Koneksi yang buruk tentu akan sangat berpengaruh. 

Jika masih gagal, ada kemungkinan server Prakerja lagi down karena lonjakan trafik akibat banyaknya peserta yang mengakses. Jadi, tidak ada salahnya mencoba melakukan upload KTP di jam-jam tertentu, misalnya tengah malam, di mana website Prakerja hanya diakses oleh segelintir orang.


www.ahmadmahfud.com
Mahfud
Mahfud Bookish, Anime Lover, Blogger Beginer.

4 comments for "Cara Mengatasi Unggahan Foto KTP di Prakerja yang Gagal"

  1. Sempat beberapa kali gagal upload KTP istri saat daftar Kartu Prakerja, akhirnya bisa setelah memperbaiki kualitas foto dengan resolusi yang direkomendasikan. Terimakasih tips dan infonya mas Mahfud....

    ReplyDelete
  2. thanks artikelnya, kalau saya kenapa ya pas mau daftar KK tidak terdaftar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin KKnya belum terdaftar di dukcapil, mas.

      Delete