Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gagal Upload Foto KTP Prakerja Gelombang 12? Ini Penyebabnya.

Gagal Upload KTP Prakerja

Gagal Upload KTP masih sering terjadi di Gelombang 12 Kartu Prakerja dan banyak dikeluhkan oleh para peserta yang ingin mendaftar. Tidak hanya calon peserta baru, Gagal upload KTP juga dirasakan oleh peserta lama yang tidak lolos dan ingin bergabung di gelombang 12 Kartu Prakerja. 

Sebagaimana yang kita tahu, gelombang 12 Kartu Prakerja sudah dibuka tanggal 23 Kemarin. Pembukaan tersebut diumumkan secara resmi dan langsung via live streaming di Instagram Kartu Prakerja oleh Menteri Perekonomian, Airlangga Hartanto.

Kartu Prakerja sendiri dipersiapkan oleh Presiden Jokowi untuk membekali masyarakat yang belum memiliki pekerjaan atau pengangguran dengan pelatihan guna meningkatan skill dan kompetensi yang mereka miliki. Dengan harapan mereka yang sudah mengikuti pelatihan bisa bersaing di dunia kerja atau bisa membuka usaha secara mandiri.

Masyarakat yang ingin mendaftar Kartu Prakerja bisa langsung mengakses website resminya di www.prakerja.go.id. 

Selain nomor aktif, email, dan nomer KK, salah satu syarat yang juga harus dipersiapkan oleh peserta untuk mendaftar adalah foto e-KTP. Namun, justru banyak peserta yang mengeluh soal sulitnya meng-upload file e-KTP tersebut. Tidak sedikit peserta yang melampiaskan uneg-uneg mereka di Instagram Prakerja terkait kendala gagalnya upload foto KTP ini. 


"ngk bisa upload foto ktp nya", ungkap salah satu akun bernama erikaaroring.


Komentar senada juga diutarakan oleh akun bernama denfandi_087,

"Aku udah masuk tapi ngirim file e-KTP ndak bisa padahal sudah tak kirim filenya"


Lantas apa sebenarnya penyebab gagalnya upload foto KTP tersebut?

Berikutnya ini beberapa indikator yang mungkin jadi penyebab gagalnya upload foto KTP di Kartu Prakerja.


Ukuran foto.

Penyebab pertama adalah ukuran foto melebihi 2 MB. Sebagaimana yang tertera di dasboar Prakerja bahwa ukuran maksimal foto adalah 2 MB. . Lantas bagaimana Jika ukurannya melebihi itu? Tidak perlu khawatir. Para peserta bisa memperkecil dan mencari alternatif dengan melakukan compress terhadap foto tersebut. Silahkan kunjungi situs https://compressjpeg.com. 

Caranya : upload file foto yang ingin di-compress. Tunggu proses uploading dan compressing hingga selesai. Jika sudah selesai tekan tombol download. Sekarang bisa dicek fotonya di galeri dengan ukuran yang sudah diperkecil dan bisa langsung di-upload ke website Prakerja.


Format foto.

Penyebab yang kedua format foto bukan JPEG atau PNG. Format foto yang mendukung untuk diupload adalah JPEG dan PNG. Namun, itu berlaku jika para peserta melakukan unggahannya lewat HP. Untuk peserta yang ingin melakukan upload via dekstop (laptop atau komputer) format yang diizin hanya JPEG. Jika para peserta ingin mengubah format foto dari PNG ke JPEG silahkan mengunjungi https://png2jpg.com/id. (Untuk caranya sama seperti langkah melakukan compress foto di atas )


Foto terpotong.

Penyebab ketiga adalah foto terpotong. Ini terjadi mungkin karena ketika pengambilan menggunakan kamera kurang tepat atau terlalu banyak melakukan crop ketika ingin mengecilkan ukuran foto.


Foto blur.

Penyebab keempat adalah kualitas foto blur atau kurang jelas. Ini terjadi mungkin karena kondisi KTP yang sudah lama, karena lecet akibat keluar masuk dompet, atau karena ketika pengambilan dengan kamera dilakukan di malam hari menggunakan kamera yang punya resolusi rendah. Ada baiknya untuk pengambilan foto KTP dilakukan di siang hari agar hasilnya maksimal. 


Internet tidak stabil.

Penyebab kelima adalah jaringan internet tidak stabil. Masalah internet ini memang krusial. Pastikan ketika ingin melakukan upload foto kualitas jaringan internet sedang bagus. Gunakan provider atau kartu yang menyediakan layanan internet yang bagus dan stabil. 


Server error.

Penyebab keenam atau yang terakhir adalah server error. Jika website Prakerja diakses secara bersamaan dalam jumlah yang besar ini akan menyebabkan kepadatan Traffic. Sehingga website mengalami gangguan atau error. Hal ini biasanya terjadi di siang hari ketika animo masyarakat yang ingin mendaftar begitu tinggi. Maka, tidak ada salahnya bagi peserta yang ingin mendaftar, melakukannya di malam hari. 


Itulah beberapa indikator yang mungkin jadi penyebab gagal-nya upload foto KTP Prakerja.


Www.ahmadmahfud.com



Mahfud
Mahfud Bookish, Anime Lover, Blogger Beginer.

Post a comment for "Gagal Upload Foto KTP Prakerja Gelombang 12? Ini Penyebabnya."