Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hati-hati Penipuan Mengatasnamakan Gelombang 12 Prakerja.


"Sobat Prakerja, mohon berhati-hati bila mendapatkan informasi pembukaan Gelombang 12 Kartu  Prakerja. Bisa jadi itu modul penipuan, lho!" 
Begitulah himbauan dari  postingan akun resmi Instagram  Kartu Prakerja.

Sepekan yang lalu sempat beredar sebuah pesan palsu di grup Whatsapp mengenai telah dibukanya kembali pendaftaran gelombang 12 Kartu Prakerja. Pesan yang dikirim oleh salah seorang anggota grup tersebut berisi sebuah link yang mirip Kartu Prakerja. Namun, jika kita teliti dengan cermat tentu link tersebut bukan link resmi Prakerja. Pesan itu melampirkan URL https://kartu-prakerja.xyz/?ref=insenntif600rb. Tidak hanya melalui grup, bahkan seorang teman  mengirimi saya link serupa. Jika link tersebut dibuka kita akan diarahkan pada sebuah laman yang meminta penggunanya untuk memasukkan nama dan nomor telpon.

Contoh tampilan dari link palsu Prakerja

Kita sebagai masyarakat awam tentu harus lebih waspada dan hati-hati dengan link mencurigakan yang mengatasnamakan kartu Prakerja.  Pihak Kartu Prakerja lewat akun Instagramnya merilis sebuah postingan yang meminta masyarakat agar tidak terkecoh dan sembarangan memberikan data pribadi yang kemudian hari bisa merugikan diri sendiri. Karena, bisa jadi data yang dibagikan akan disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Modus penipuan seperti ini sebenarnya bukan kali ini saja. Tahun lalu, ketika program Kartu Prakerja sempat terhenti karena evaluasi yang dilakukan pemerintah, juga pernah muncul pesan yang berisi link mengatasnamakan kartu Prakerja.

Pembukaan resmi Gelombang 12 Kartu Prakerja memang masih misteri. Masyarakat pun dibuat bertanya-tanya dan menunggu kepastian kapan Gelombang 12 akan dibuka lagi. Tentu banyak yang tidak sabar dan berharap agar salah satu Program andalan Jokowi ini cepat bergulir mengingat kondisi ekonomi yang belum stabil dan banyak orang yang butuh bantuan finansial untuk menyambung hidup di tengah pandemi saat ini.

Untuk saat ini yang bisa dilakukan masyarakat adalah bersabar sampai gelombang 12 Prakerja kembali bergulir dan diumumkan secara resmi oleh Pemerintah.

Akun Instagram resmi Prakerja (sudah verified)

Penting untuk diketuhui, bahwa website resmi Prakerja adalah https://www.prakerja.go.id. Jika ada link selain tautan tersebut  dan menggunakan embel-embel Prakerja bisa dipastikan adalah palsu. Selain itu, untuk menghindari informasi yang menyesatkan tidak ada salahnya jika kita mengikuti Akun Instagram Prakerja, karena setiap ada informasi baru terkait Prakerja akan diumumkan lewat akun tersebut. Pastikan untuk mengikuti Instagram Prakerja yang sudah verified.


www.ahmadmahfud.com

Mahfud
Mahfud Bookish, Anime Lover, Blogger Beginer.

Post a comment for "Hati-hati Penipuan Mengatasnamakan Gelombang 12 Prakerja."