Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menulis Artikel di Smartphone Menggunakan WPS Office

ahmadmahfud.com


Kemajuan teknologi memang banyak memberikan manfaat dan benar-benar memanjakan manusia. Berkat kemajuan teknologi banyak hal yang berubah, termasuk cara bagaimana kita menulis. 

Dulu sebelum telpon genggam se-canggih saat ini, untuk membuat sebuah karya tulis kita harus mengetik menggunakan laptop atau komputer. Namun, sejak kemunculan smartphone yang punya kehebatan super canggih, semuanya berubah. Benda berbentuk persegi panjang ini sudah mengambil alih tugas banyak hal, termasuk juga urusan soal mengetik dan menulis. 

Kita tidak perlu lagi repot-repot menggendong tas berat berisi laptop yang membebani punggung dan buru-buru membukanya ketika tiba-tiba saja datang ide tentang sebuah tulisan.

Smartphone memungkinkan kita untuk menulis ketika ide muncul saat itu juga. Jujur beberapa konten di blog ini saya tulis menggunakan Handphone (untuk selanjutnya disingkat HP). Entah kenapa ketika menulis menggunakan HP, ide seolah mengalir begitu saja. Dibandingkan laptop, tentu menulis lewat HP memang lebih praktis karena bentuk dan ukurannya yang  minimalis dan mudah dibawa ke mana-mana. Cukup bermodalkan dua jempol kita bisa langsung menulis apapun yang terlintas di dalam kepala. Kapan pun dan di mana pun.

Untuk menunjang kegiatan tulis-menulis di HP, selain menggunakan aplikasi bawaan seperti Samsung Note , kita juga dapat menggunakan aplikasi lain yang  bisa diunduh secara mudah. Salah satu software yang biasa saya pakai untuk menulis adalah WPS Office. Aplikasi ini punya fitur yang lumayan lengkap dan memiliki fungsi yang hampir mirip dengan Ms. Office di dekstop. Selain itu, software ini juga support untuk pembuatan dokumen dengan format Excel, Power point, dan PDF. Untuk mendapatkannya kita tinggal mengunduhnya secara gratis di Playstore

Bagi seorang blogger yang dituntut untuk selalu aktip update konten dan membuat artikel, aplikasi ini tentu sangat cocok untuk membantu kita dalam menulis. Kita juga bisa mengecek berapa jumlah kata di dalam tulisan yang sudah kita buat. 

Cara pengoperasian aplikasi ini juga cukup mudah. 

Berikut ini, saya akan jabarkan cara menulis artikel di HP menggunakan WPS Office.

Pertama, buka WPS Office.

Kedua, tekan tombol plus di pojok kanan bawah.



Ketiga, pilih jenis dokumen yang akan kita buat. Karena kita akan membuat dokumen yang berisi artikel, maka kita pilih dokumen paling bawah berlambang huruf W.


Keempat, tekan tombol kosong untuk membuat halaman. Lembar kerja kosong itu tinggal kita isi dan manfaatkan untuk menulis. 



Kelima, untuk menyimpan dan melakukan proses penyuntingan seperti mengubah jenis, ukuran, warna, gaya huruf dan menyisipkan gambar, tekan icon di pojok kiri bawah. Untuk mengecek jumlah kata, silahkan geser bagian menu (Depan, Berkas, Sisipkan) ke samping kiri, pilih "Lihat" lalu "Jumlah kata". 



Keenam, ketika menulis artikel agar kalimatnya tidak memanjang ke samping, pilih "Bungkus Teks" di menu bagian bawah. Hal ini berguna untuk menampilkan halaman dalam mode mobile. 



Mungkin itu saja beberapa hal yang bisa saya berikan terkait WPS Office, aplikasi yang bisa digunakan untuk menulis artikel di HP atau Smartphone. 


www.ahmadmahfud.com

Mahfud
Mahfud Bookish, Anime Lover, Blogger Beginer.

1 comment for "Menulis Artikel di Smartphone Menggunakan WPS Office"