Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat agar Cepat dan Mudah Diterima Google Adsense bagi Pemula

Cara Mudah Diterima Adsense untuk Pemula 2021

Menjadi publisher dan diterima Google Adsense memang selalu menjadi primadona dan dambaan setiap blogger.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu masif dan pesat ada banyak alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh seorang pengembang website dan blog untuk mendapatkan pundi-pundi Rupiah dari internet. Salah satunya dengan me-monetisasi blog dengan Google Adsense.  

Dengan me-monetisasi blog dan menjadi Publisher Google Adsense seorang blogger bisa mendapatkan cuan dan penghasilan tambahan. Modalnya cukup hanya sebuah website. 

Jika anda seorang blogger pemula yang sedang mencari panduan mendaftar atau kiat agar cepat dan mudah diterima Google Adsense, maka tidak ada salahnya anda menyimak tulisan ini sampai habis. 

Mengenal Apa itu Google Adsense.

Mungkin masih banyak orang atau blogger pemula yang belum tahu dan mengenal apa itu Google Adsense.

Google Adsense merupakan Program penayang iklan milik raksasa Google yang memberikan insentif kepada pemilik sebuah website karena menampilkan iklan di halaman websitenya. 

Insentif itu akan diperoleh dan diberikan oleh Adsense kepada pemilik website apabila iklan yang ditampilkan berhasil mendatangkan klik dari para pengunjung. 

Adsense sendiri berfungsi sebagai medium yang akan menjembatani pengiklan dan pemilik website sehingga keduanya mendapatkan keuntungan yang sifatnya simbiosis mutualisme. Sang pengiklan mendapat keuntungan karena bisa mempromosikan produknya sehingga dibeli dan bisa dikenal khalayak luas, sementara pemilik website juga mendapatkan keuntungan dan pemasukan karena telah menjadi penayang iklan. 

Namun, perlu digarisbawahi bahwa untuk mendapat penghasilan dari Google Adsense bukanlah proses yang instan. Ia bukan durian jatuh dari langit yang bisa dinikmati sehari atau sebulan setelah diterima sebagai Publisher. 

Mendaftar Google Adsense di Blogspot.

Jika kamu blogger yang menggunakan platform blogspot maka Pendaftaran Google Adsense bisa dilakukan dengan mudah melalui dasbor blogspot secara langsung. 

Silahkan pergi ke menu Penghasilan lalu pilih Buat Akun Adsense

Jika menu tersebut belum tersedia, anda bisa meng-aktifkannya dengan cara mengubah bahasa blog terlebih dahulu. 

Caranya, pilih menu Setelan, di bagian Dasar pilih Bahasa Blog, lalu ganti bahasanya ke English (United Kingdom). Jika sudah, kembali ke menu penghasilan tadi dan klik Buat Akun Adsense.



Maka anda akan diarahkan ke menu pendaftaran dan diminta melakukan setting seperti gambar di atas. Klik “Ya, Kirimi saya saran bantuan dan performa yang sesuaikan”. Isi Negara dan Teritori dengan Indonesia. Lalu, centang “Ya, Saya telah membaca dan menyetujui perjanjian” dan pilih Buat Akun



Tahap selanjutnya anda akan diminta mengisi Detail Alamat Pembayaran yang meliputi Info Pelanggan serta Nama dan Alamat. Silahkan isi selengkap mungkin sesuai data diri dan alamat tempat tinggalmu. 



Kemudian, pengguna biasanya akan diminta kode verifikasi yang dikirim melalui SMS. Jika proses ini sudah selesai, maka selanjutnya adalah tahap Peninjauan dari Google Adsense. Lamanya peninjauan sebuah website tentu bervariasi. Ada yang diterima hanya dalam sehari, seminggu, ada juga yang bisa memakan waktu sampai berbulan-bulan. Saya sendiri baru diterima adsense setelah melewati masa peninjauan selama kurang lebih 4 bulan. 

Kiat Agar Cepat dan Mudah Diterima Google Adsense 

Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu anda agar cepat dan mudah diterima Google Adsense. 

Cek Konten.

Periksa dan perhatikan jenis konten yang sudah anda buat. Google secara disiplin akan menolak website yang memuat beberapa jenis konten yang tidak sesuai dengan kaidah kebijakannya. Jenis-jenis konten yang dilarang antara lain :
  1. Konten ilegal
  2. Rasisme dan SARA
  3. Konten yang menyesatkan (Hoax)
  4. Konten dewasa 
  5. Konten Perjudian
  6. Animal trafficking atau konten yang berisi jual-beli hewan langka dan terancam punah.

Usia Pemilik Website Minimal 18 tahun.

Usia minimal yang diperbolehkan oleh google untuk pendaftar google adsense adalah 18 tahun. 

Konten Orisinial dan Unik.

Konten yang dipublikasikan merupakan hasil karya sendiri. Bukan hasil plagiat atau mencuri konten milik orang lain. Selain orisinal tentu juga harus unik. Konten yang unik dan bermanfaat punya nilai lebih di mata mesin pencari google sehingga berpotensi akan mendatangkan banyak pengunjung.

Memiliki Menu Navigasi yang Simpel dan Mudah Digunakan.

Untuk Menu Navigasi buatlah susunannya sesimpel mungkin. Untuk awal-awal cukup Pasang Menu seperti ; Home, About Us, Contact, Sitemap, Privacy Policy, Disclaimer, dan Terms of Service.

Komposisinya bisa dibuat menjadi dua bagian. Home, About, dan Contact dipasang di menu bagian atas, misalnya di bawah header. Dan sisanya Sitemap, Privacy Policy dan lain-lain bisa diletakkan di bagian footer. 

Usia Blog.

Ada berbagai versi pendapat terkait usia blog yang ideal untuk didaftarkan ke Google Adsense. Ada yang mengatakan minimal usianya 6 bulan, ada yang mengatakan minimal 3 bulan, tapi ada juga yang baru berusia 1 bulan sudah diterima Google Adsense. Mungkin tidak ada batasan minimal yang mutlak. Jika anda bisa produktif membuat artikel berkualitas setiap hari dengan panjang masing-masing artikel misalnya lebih dari 1000 kata, bukan tidak mungkin anda bisa diterima google adsense dengan website baru seumur jagung. 

Jumlah dan Panjang Artikel 

Pendapat mengenai jumlah artikel juga banyak diperdebatkan. Satu pihak mengatakan cukup 10-15 artikel. Pihak lain menyatakan butuh 20-25 artikel sebagai syarat diterima adsense. Ini merupakan wilayah relatif yang dilandaskan pada pengalaman masing-masing. Namun, semakin banyak artikel maka kemungkinan untuk diterima Adsense juga akan semakin besar. Hal yang tidak kalah penting juga adalah panjang artikel. Usahakan panjang artikel lebih dari 300. Tentu artikel itu tidak asal panjang. Artikel tersebut harus memiliki asas kemanfaatan, informatif dan juga solutif.

Gunakan Template yang Responsif.

Template juga menjadi bagian penting yang harus diperhatikan. Gunakan template yang Seo Friendly dan Mobile Friendly. Saat ini sudah banyak penyedia template, baik yang gratisan maupun yang berbayar. Penyedia template gratis yang bisa anda gunakan secara cuma-cuma adalah templateify.com. Namun, jika kamu punya bujet lebih, kamu bisa membeli template Lingkmagz. Template Linkmagz punya banyak kelebihan dan cocok digunakan blog untuk pengajuan Adsense.

Jumlah Visitor Blog.

Kabarnya jumlah visitor blog untuk mendaftar Adsense adalah minimal 100-an perhari. Bagi blogger pemula yang tidak paham seo dan tak pernah melakukan riset keyword ketika membuat artikel tentu akan sangat sulit untuk mendatangkan pengunjung organik sebanyak itu. Tidak perlu khawatir. Untuk mendatangkan visitor, anda bisa memanfaatkan sosial seperti Facebook dan Twitter. Anda bisa mempromosikan artikel-artikel yang ditulis lewat kanal-kanal sosial media tersebut untuk mengundang pengunjung. 

Istiqomah Update Konten.

Selama masa peninjauan buatlah konten artikel sesering mungkin. Dengan begitu adsense akan menilai bahwa website anda aktif. Tidak perlu setiap hari. Bisa dua atau tiga hari sekali. 

Mungkin itu saja kiat agar cepat dan mudah diterima Google Adsense. Semoga bermanfaat. 


ahmadmahfud.com

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-daftar-google-adsense/ https://www.dewaweb.com/blog/cara-daftar-google-adsense/ https://support.google.com/adsense/answer/7299563?hl=id&ref_topic=1319756



Mahfud
Mahfud Bookish, Anime Lover, Blogger Beginer.

1 comment for "Kiat agar Cepat dan Mudah Diterima Google Adsense bagi Pemula"